Page Navigation by http://emaMILIK.blogspot.com/

Jumat, 17 Februari 2012

PostHeaderIcon TKJ Sharing printer menggunakan LAN

Kegiatan praktikum dari mata diklat DPPC dan LAN kali ini  adalah melakukan sharing printer melalui jaringan LAN dan Wireless. Namun kali ini kami hanya melakukan sharing melalui LAN karena waktunya gak cukup. Kegiatan ini baru pertama kali kita lakukan sebagai kelas XI TKJ SMK Bina Teknologi Purwokerto Alhamdulillah kelompok saya berhasil melakukan sharing printer lewat LAN.
tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan praktek ini adalah agar kita bisa  melakukan sharing printer lewat LAN dengan demikian kita bisa menggunakan sumberdaya lebih efisiean dan tidak perlu repot-repot meng­-copy dokumen kita untuk dicetak di server.
Kami siswa-siswi kelas XI TKJ SMK Bina Teknologi Purwokerto sangant antusias dalam praktikum ini. Sebelumnya Pak Syaiful (Guru Pembimbing mata diklat ini) memberikan penjelasan atau gambaran umum dari kegiatan ini. Di bawah ini topologi fisik dari LAN yang kita coba untuk Sharing.

Ada tiga PC Client karena ada tiga kelompok dalam praktik ini. Topologi yang kita gunakan merupakan topologi star.Langsung saja saya sampaikan langkah-langkahnya, tapi sebelumnya saya sampaikan dulu peralatan and bahannya :
alat dan bahan
  1. PC sebagai Client,
  2. Sebuah PC sebagai Server,
  3. Hub/Switch,
  4. Konektor/kabel Jaringan, dan
  5. Printer and CD Driver-nya
Selanjutnya adalah bagaimana kita bisa menggunakan printer yang telah diinstal oleh Pak Syaiful dan telah di-share ke client. Berikut langkah demi langkahnya.
1.       Masuk ke Data sharing PC Server dengan melakukan Run ke alamat dari PC Server. Cara menggunakan run gampang, tinggal tekan tut WIN+R atau Start-Run. Pada Run kita ketikkan alamat dari PC Server dalam praktikum ini kita gunakan IP \\192.168.1.101 . klik Run atau enter.

2.       Selanjutnya kita akan masuk pada jendela Eksplorer PC Server \\192.168.1.101 . Pada folder Printer klick kanan>connect….  Lihat gambar!
3.  Masih pada eksplorer, setelah kita click concet tadi maka akan muncul dialog seperti berikut.
Click Yes. Dialog tersebut menanyakan pada kita apa kita ingin melanjutkan perintah untuk menyampbungkan PC kita ke Printer yang tersedia pada server dan sekaligus menginstal drivernya yang  kemungkinan terdapat vrus.  Klick saja Yes karena kita ingin melanjtukannya.
Setelah itu kita coba mencetak document kita ke printer yang di server. Caranya gamapang. Tinggal ganti alamt Printernya pada Printer yang ada di server. selamat mencoba!!!
Analisa
kesulitan dalam praktikum ini adalah kita belum tahu bagaimana cara melakukan sharing, lalu kami melakukan googling dan akhirnya kami mendapatkan caranya. Dengan demikian kami bisa melakukan praktikum ini dengan berhasil
kesimpulan
sharing printer merupakan cara untuk mempermudah pekerjaan kita, karena kita dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia atau menggunakan sumberdaya yang ada lebih efisien.
sumber www.totalvictory.co.cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar